Super Sonic Mch Logo
www.supersonicmch.com
 


Manufacturing Machineries - Import & Export

Specialize in Machineries for Concrete & Construction Industries
 
Address : Jl. Tidar Tengah No. 6 , Malang City , Jawa Timur - Indonesia 65146
Phone : + 62 -85100640515 . Fax : + 62 -341 - 791645
Mobile Phone / SMS :  +62-811313603 ( Mr. Rudy Iskandar )
Official Email Address : rudy@supersonicmch.com
Alternate Email Address : rudyiskandar86@hotmail.com
Concrete Roof Machine   Concrete Roof Moulds   Wet Mixer   Dry Mixer   Pave Machines   Hammer Pave Machine   Sand Siever   Block Machine   Industrial Mixer   Hydraulic Press Machines   Roll Press Machines   Generators   Tools   Various Mixers   Concrete Mixers   Sand Washer   Crusher Plants   Batching Plants   Pile Machines   Concrete Pipe   Aerated Autoclaved Concrete Production Line   Concrete Wall Panel   Etc

OFFICIAL WEBSITE
 
WWW.SUPERSONICMCH.COM
 
Super Sonic Mch - Machinery Designer and Manufacutring , Technology , and Service
Established and Supplying Machineries and Equipments for Concrete Roof Industries since 1982

Proved and Used by more than 500 Concrete Roof and Pave Industries in all over Indonesia
 
Home
 
   
Products
   
 
Photo
 
 
Video
 
 
Link
 
 
Report
 
 
Contact
 
OPERATION MANUAL
 
OPERATION MANUAL UNTUK MESIN GENTENG BETON
 
1. PERSIAPAN DAYA LISTRIK :
Daya listrik yang dibutuhkan untuk mensuplai mesin-mesin dan perlengkapannya tergantung pada jumlah mesin produksi anda . Sebagai contoh untuk 1 Mesin Press , 1 Mixer , dan 1 Ayakan , maka anda harus mempersiapkan listrik sebesar 10 Kva . Dan ada 2 pilihan untuk suplai listrik tersebut , yaitu :

A. Mempergunakan listrik PLN , maka anda perlu mengajukan daya listrik ke PLN sebesar 12 Kva .
B. Mempergunakan Genset , di mana dalam kapasitas Basic Plan maka anda harus mempersiapkan Genset berdaya 15 Kva . Dan ada banyak pilihan genset , kami juga menyediakan dan menjual genset , klik di sini untuk melihat penawaran genset dari kami .

Kami juga merekomendasikan kepada anda untuk pada akhirnya juga memiliki kedua sumber daya listrik di atas sehingga genset bisa menjadi cadangan jika sewaktu-waktu ada pemadaman listrik dari PLN .

 
 
2. SETTING MESIN PRESS HYDRAULISNYA  :
Mesin press hydraulis membutuhkan pengisian oli pada tanki olinya untuk pertama kali . Ada banyak dijual di pasaran oli-oli hydraulis , dan anda bisa mempergunakan oli-oli hydraulis tersebut , atau juga bisa mempergunakan oli dengan ukuran kekentalan SAE 10 atau SAE 20 . ( SAE adalah ukuran kekentalan oli ) . Anda bisa mempergunakan oli SAE 20 yang biasa dipergunakan di mobil atau sepeda motor .

2.0 Setting Kabel Listrik ke Mesin-Mesin Photo 1 Photo 2

2.1
Untuk faktor keamanan selama pengiriman mesin , maka kami selalu memisahkan mesin dengan bak hydraulisnya , dan menaruh spare-part yang kecil-kecil ke dalam bak oli . Jadi pertama kali mesin datang , bukalah tutup bak olinya dan ambil semua spare part tersebut di dalam bak oli , lalu tutup kembali bak oli tersebut dengan rapat . Kemudian aturlah posisi bak hydraulis ( bak oli ) di samping mesinnya seperti pada gambar .
( Selang hydraulis yang berwarna hitam untuk jalur tekanan tinggi , dan selang yang putih untuk jalur oli kembali ke tanki ) .

Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery

2.2
Setelah anda memasang sesuai dengan posisi di atas , maka anda mesti memasang kabel listrik ke dinamo pada masing-masing mesin . Setiap mesin terdapat 1 dinamo , type dinamo tersebut adalah 3-phase yang biasa digunakan pada listrik industri . Jadi anda perlu memasang kabel berjalur 4 buah .( 3 jalur positif dan 1 jalur negatif ) .
Bukalah tutup kabel pada dinamonya dan pasanglah sesuai dengan instruksi yang biasanya ada pada tutup kotak kabel tersebut ) .

Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery

2.3
Setelah anda memsang kabel listri , sebelum menyalakannya periksalah dulu kran hydraulis mesin dan kran tersebut harus dalam keadaan terbuka , jika tidak maka mesin akan bekerja mengepress dengan sendirinya dalam keadaan cetakan masih kosong .
Jika kran dalam keadaan terbuka semua , maka mesin tidak aktif sekalipun listrik sudah dinyalakan .

Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery

2.4
Sekarang anda sudah bisa mencoba menyalakan listriknya , dan lihat putaran dinamonya . Periksalah apakah putarannya sudah sesuai dengan putaran yang tertera pada pompa hydraulis .
Arah putaran harus sesuai dengan tanda panah yang bisa anda lihat pada pompa hydraulisnya , jika tidak maka pompa akan bekerja secara terbalik dan tidak bisa berfungsi . Jika putaran masih salah atau terbalik maka baliklah salah satu kabel positifnya dengan kabel positif yang lainnya , maka putaran sudah akan berubah ke arah yang benar . 

Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery

2.5
Anda juga bisa menyetel besar kecilnya tekanan press hydraulisnya dengan menyetel pada releif valve nya . Cek pada meter tekanan untuk melihat besarnya tekanan press saat mencetak genteng atau paving .
Tekanan yang normal untuk mencetak genteng adalah sekitar 100 bar s/d 200 bar . Untuk paving cukup disetel pada tekanan 100 bar .

Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery

2.6
Anda juga perlu mempersiapkan sebuah meja di samping mesin tersebut untuk membantu proses kerja sehingga lebih mudah .

Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery
 

Dan karena pada proses aktifitas kerja sehari terdapat air buangan , maka anda juga sebaiknya mempersiapkan jalur selokan air di sekeling mesin untuk memudahkan air kotor atau air buangan mengalir keluar dari areal kerja . .
 
3. BAHAN BAKU :
3.1 BAHAN BAKU UTAMA :
Bahan baku utama untuk genteng beton adalah Semen , Pasir . Tetapi untuk mendapatkan hasil permukaan yang lebih halus , seringkali kita juga menggunakan mil / tepung kapur . Bagi daerah yang tidak terdapat mil / kapur , maka bisa menggunakan pasir yang diayak lebih halus atau dengan menambahkan kadar semennya .
3.2 SECONDARY MATERIAL :
Secondary material , adalah bahan-bahan lain yang berguna membantu proses produksi . Yaitu :
1. Kain : Kita butuh kain untuk dilapiskan pada piringan besi cetakan genteng , potongan kain celana .
2. Kuas : Digunakan untuk memoles permukaan matras atas setiap kali genteng dicetak , agar tidak lengket hasilnya .
3. Moulding Oil : Minyak untuk memoles permukaan matras atas , bisa dibeli dari kami , dan dicampur dengan minyak tanah atau solar dengan
perbandingan 1 : 20 .
3.3. KOMPOSISI BAHAN BAKU :

BAHAN BAKU UTAMA :

Untuk Genteng Beton :
Komposisi bahan baku yang umum digunakan untuk genteng beton adalah : 1 Semen + 2 Pasir + 2 Mil . ( Berdasarkan Volume , bukan Berat ) .
Keterangannya :
Semen berfungsi untuk bahan pengeras di mana tanpa semen maka genteng tidak mungkin bisa mengeras . Pasir sebagai bahan pengisi . Dan Mil sebagai bahan penghalus permukaan . Anda juga bisa mengganti Mil dengan bahan halus lainnya seperti Fly Ashes dan lainnya , yang penting bahan tersebut cukup halus dan murah harganya .
Untuk Paving :
TKomposisi umum untuk paving hanyalah menggunakan Semen dan Pasir saja , dengan komposisi bervariasi , bisa 1 Semen + 8 Pasir , bisa juga 1 Semen + 10 Pasir , atau 1 Semen + 12 Pasir . Semakin banyak kadar semennya semakin kuat hasil akhir pavingnya tetapi juga semakin menambah biaya produksinya .
3.4 FINISHING MATERIAL :
Finishing material untuk genteng beton berwarna adalah cat genteng , yang dispraykan dengan mesin kompressor dan spray-gun . Ada banyak jenis cat genteng yang dijual di pasaran saat ini , dan anda bisa menggunakan yang sesuai dengan harga jual genteng anda . Pada dasarnya ada 2 jenis cat genteng , water-base dan oil-base , di mana water-base lebih murah dibandingkan dengan oil-base , namun kekuatannya lebih baik oil-base . Dan oil-base lebih mengkilap hasilnya .
3.5. RAK-RAK PENAMPUNGAN :
Anda juga harus mempersiapkan rak-rak untuk penampungan sementara bagi genteng yang baru dicetak , dimana genteng harus dibiarkan satu hari di atas rak-rak tersebut .
Kami biasa menggunakan rak dari kayu . Tetapi anda bisa menggunakan rak dari besi atau lainnya sesuai keinginan anda .
Untuk rak dari kayu , di bawah ini kami berikan ukuran dan cara penggunaannya .

UKURANNYA : Panjang 300 cm , Lebar 25 cm , Tinggi 10 cm .

Wooden Rack for concrete roof production - Super Sonic Mch

Disusun bersama dengan genteng dan tatakannya seperti di bawah ini : :
 
 1. Letakkan genteng dan tatakannya yang baru
dicetak seperti di bawah ini :

Wooden Rack for concrete roof production - Super Sonic Mch
2. Letakkan rak berikutnya ke atasnya .

Wooden Rack for concrete roof production - Super Sonic Mch
3. Letakkan genteng dan tatakannya yang baru
dicetak .

Wooden Rack for concrete roof production - Super Sonic Mch
4. Demikian seterusnya sampai 8 susun .

Wooden Rack for concrete roof production - Super Sonic Mch


3.6. TATAKAN :
Anda juga membutuah tatakan untuk menampung genteng yang masih belum keras sewaktu dari hasil baru cetak . Kami menyediakan " Piringan Tatakan " untuk anda sehingga anda bisa membuat sendiri tatakan-tatakan itu sebanyak yang diperlukan . Anda hanya membutuhkan 1000 buah tatakn untuk setiap mesin genteng , dan tatakan-tatakan itu bisa dipergunakan sampai lebih dari 3 tahun lamanya . Jika ada tatakan-tatakan yang rusak dalam proses kerja maka anda hanya tinggal membuat lagi yang baru dengan mempergunakan " Piriangan Tatakan " tersebut .
Klik di sini untuk penjelasan mengenai " Piringan Tatakan " . Dan Klik Di Sini untuk penjelasan mengenai persiapan tatakan untuk pertama kalinya .

 
 
4. WORK FLOW AND OPERATORS :
Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery 
Penjelasan Fungsi Dari Tiap Pekerja :

Pekerja Nomor  1
Bekerja untuk mengayak pasir dan mengirim hasil ayakan ke mixer .
Pekerja nomor 1 juga bekerja di mixer dan mengirim hasil mortar dari mixer ke mesin
( Di tuang ke kontainer sementara di atas meja di samping mesin genteng ).
Pekerja ini sangat penting, karena mengontrol komposisi materi (semen dan pasir) untuk produksi genteng anda.

Pekerja Nomor 2
Mencetak Genteng , dan memberikan hasil cetakan bveserta plat piringannya ke pekerja nomor 3 .

Pekerja Nomor  3
Pekerja nomor 3 mengambil hasil cetak , membantu membalik untuk kemudian hasil genteng nya di atas tatakan di bawa ke rak oleh poekerja nomor 4 . Pekerja nomor 3 ini juga sambil membantu mengurus takaran mortar bagi pekerja nomor 2  .

Pekerja Nomor  4
Membantu membalik hasil cetak ke atas tatakan , dan membawanya serta menyusunnya di rak-rak kayu .
 Video-video di bawah ini menjelaskan proses produksi genteng beton dan Paving :

VIDEO 1 ( ROOF MACHINE )

VIDEO 2 ( ROOF MACHINE )

VIDEO 3 ( WALL ART MACHINE )

VIDEO 4 ( PAVE MACHINE )



 
 
5. PERENDAMAN :
Tidak ada yang rumit pada proses perendaman , hanya memasukkan hasil-hasil genteng produksi kemarin ke dalam bak-bak air . Ukuran bak air terserah anda , dan kami biasa menggunakan bak air ukuran 3 x 4 m dengan tinggi 1 meter . Gunakan beberapa bak jika 1 bak tidak cukup . Di bawah ini adalah Foto Contoh Bak Air UntuK Perendaman :
Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery  Concrete Roof Machine Operation Manual by Super Sonic Machinery 

 
 
6. PENGECATAN :
Kita sudah bisa mengecat genteng jika sudah kering can cukup kuat , biasanya paling sedikit setelah 2 minggu setelah keluar dari bak perendaman .
Pengecatan cukup menggunakan kompresor angin dan spray-gun saja . Dua orang pekerja bisa menyelesaikan pekerjaan pengecatan 1000 genteng per hari ( 7 jam kerja ) .
Pengecatan juga bisa dilakukan langsung di atas atap setelah genteng terpasang .
Ada banyak merk cat genteng yang beredar di pasaran . Tetapi kami juga bisa mengajarkan kepada anda cara membuat cat genteng sendiri dan akan kami berikan juga formulanya .

Klik di Sini untuk cara mengecat genteng beton pada proses produksi di pabrik .
   

 
Untuk penjelasan lebih lanjut anda bisa menghubungi kami . Sukses anda adalah tujuan utama kami ! Email kami :
rudyiskandar86@hotmail.com or rudy@supersonicmch.com
 

SUPER SONIC MACHINERY QUALITY CONCRETE ROOF MACHINE
LANGUAGE
ENGLISH
INDONESIA
MULTI LANGUAGE

   
Model-Model Genteng
   
   
Model-Model Paving
   
   
Rancangan Layout Pabrik
   
   
Rancangan Investasi
   
   
Cara Pengoperasian Mesin
   
   
Company Profile
   


LATEST OFFICIAL POSTS

www.supersonicmch.com
www.supersonicmch.com
www.supersonicmch.com
www.supersonicmch.com
www.supersonicmch.com
www.supersonicmch.com
www.supersonicmch.com
www.supersonicmch.com

 
www.perusahaanmesin.com
 

 
www.sentral-teknik.com
 

Super Sonic Machinery
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia
Super Sonic Machinery Indonesia



Copyright
WWW.SUPERSONICMCH.COM
Thank You For Your Visit
Powered by www.perusahaanmesin.com
Last Updated :
www.supersonicmch.com
 

Designed by Rudy Iskandar
Phone : +62-81-1313603
Email Address : rudyiskandar86@hotmail.com

www.supersonicmch.com